Sakit Pinggang dan Nyeri Sendi ? Atasi dengan JAHE

Low back pain atau sakit pinggang adalah sakit pada bagian punggung yang banyak dialami oleh kebanyakan orang, baik lansia maupun remaja atau dewasa, namun sering dialami juga oelh pekerja kantoran. Sakit pinggang ini bukan merupakan suatu penyakit, namun merupakan suatu gejala dari penyakit, sehingga terkadang kita harus pintar mengetahui penyebab dari sakit pinggang tersebut. Banyak penyebab yang mendasari sakit pinggang tersebut, untuk penjelasan lebih lanjut mengenai penyebab sakit pinggang, tanda gejala, komplikasi, dan sebagainya, akan aku bahas di blog selanjutnya ya guys, dan pastinya Sara selalu mencari sumber terpercaya sebelum menulis di blog yaa HEHE So, don’t worry guys !
Berikut untuk menyembuhkan sakit pinggang gunakanlah 1 potong jahe, 2 lembar daun laos yang muda, dan 20 lembar daun bunga selasih.
Cara penggunaan :
Semua bahan dilembutkan menjadi satu, dan tuangkan sedikit air panas. Lalu aduk hingga rata, setelah ramuan tersebut jadi, dapat dilulurkan sebagai bobok pada bagian yang terasa sakit.
Nah, diatas itu menurut buku yang aku baca ya guys, ini ada tambahan juga dari aku yang aku dapatkan sesuai dengan pengalaman dari waktu aku kuliah HEHE. Jadi waktu aku PKL di salah satu Panti Jompo di Surabaya, sebagian besar lansia menderita gout arthritis (asam urat), dan semua lansia yang menderita gout arthritis mereka merasakan nyeri di bagian sendi, bahkan sampai kaku sendi yang mengakibatkan mereka sulit untuk berjalan. Setelah itu aku memberikan edukasi kepada lansia dengan gout arthritis, bahwa meredakan nyeri pada tubuh karena asam urat bisa dilakukan dengan Kompres Jahe. Kompres jahe dapat menurunkan nyeri dan bengkak pada asam urat. Kompres jahe hangat memiliki kandungan enzim siklooksigenasi yang dapat mengurangi peradangan pada penderita asam urat, selain itu jahe juga memiliki efek farmakologis yaitu rasa panas dan pedas, dimana rasa panas ini dapat meredakan rasa nyeri, kaku, spasme otot. Manfaat dari jahe hangat ini dapat dicapai dalam waktu 20 menit sesudah afikasi panas. Setelah Sara melakukan ini rutin selama kurang lebih 4 hari, skala nyeri pasien tersebut menurun dan daapat menggerakkan sendinya kembali, alhamdulillah banget kan, ikut bahagia bisa melihat mereka sembuh 😊 Berikut cara yang Sara lakukan selama di Panti Jompo untuk membatu lansia yang mengalami asam urat :

Alat dan bahan :
1.      Waslap/handuk kecil
2.      Mangkuk/ wadah untuk parutan jahe
3.      Parutan
4.      Jahe 3-5 ruas (optional)
Cara mengompres :
1.      Cuci bersih jahe
2.      Kemudian parut jahe dan tempatkan dalam mangkuk, aduk sampai seperti bubur
3.      Balurakn parutan jahe tersebut pada sendi (bagian tubuh) yang nyeri
4.      Sisa parutan jahe perbankan pada sendi yang bengkak

SELAMAT MENCOBA !!!
JANGAN LUPA BERDOA SEBELUM BERUSAHA☺☺☺☺☺☺



No comments:

Post a Comment