Minggu, 28 Januari 2018

Cara Cepat dan Paling Aman Menurunkan Gula Darah


cara menurunkan gulla darah
Hiperglikemia


Diabetes mellitus atau masyarakat awam sering menyebutnya dengan penyakit gula atau penyakit kencing manis adalah suatu penyakit jangka panjang (kronis) yang ditandai dengan kadar gula (glukosa) yang tinggi dalam darah. Glukosa sangat besar peranannya bagi tubuh kita karena merupakan sumber energi bagi otak maupun sel-sel yang membentuk otot serta jaringan pada tubuh kita. Namun, ketika kadar glukosa dalam darah terlalu tinggi tentu juga tidak baik bagi tubuh dan memicu munculnya berbagai masalah kesehatan seperti gangguan jantung dan pembuluh darah, ginjal, saraf dan gigi.

Penyakit diabetes bisa disebabkan oleh faktor berat badan (obesitas), makanan, merokok dan faktor keturunan. Oleh sebab itu jika ayah/ibu atau kakek/nenek memiliki riwayat penyakit diabetes maka ada kemungkinan keturunannyaa juga bisa menderita penyakit diabetes jika tidak menjaga kesehatan dan kadar gula darah.

Jika sobat sudah mengerti penyebab diabetes tentu akan sangat mudah untuk mencegahnya, dengan menghindari penyebabnya maka secara tidak langsung akan mencegah penyakit diabetes. Akan tetapi jika ada yang sudah terkena diabetes jangan khawatir, sehaterus.com akan membagikan tips yang aman dan efektif agar gula darah dapat terkontrol. 

1.    Merubah Pola Makan.
Merubah pola makan adalah langkah pertama yang harus dilakukan oleh penderita diabetes untuk menurunkan gula darah. Tidak hanya makanan yang sehat akan tetapi makanan yang dapat menjaga gula darah.
a.    Konsumsi makanan serat tinggi dan karbohidrat kompleks.
Batasi nasi putih dan ganti dengan nasi merah, gandum, dan juga sereal yang mengandung nutrisi dan serat tinggi. Selain itu perbanyak juga konsumsi sayur seperti bayam dan buah-buahan segar seperti apel, pir, persik dan beri yang dapat dikonsumsi langsung atau dibuat jus.
b.    Memilih konsumsi minyak dengan bijak.
Mengenal jenis lemak yang sehat dan tidak sehat akan berguna bagi penderita diabetes. Lemak baik adalah lemak tidak jenuh yang baik untuk dikonsumsi, dapat ditemukan di minyak olive, kacang-kacangan, kedelai, dan alpukat. Hindari junk food!!
c.    Makan secara teratur.
Tetaplah makan dengan teratur, namun dengan porsi kecil atau secukupnya. Mulailah dengan tidak melewatkan sarapan sehat setiap hari.
d.    Cermat mengkonsumsi makanan manis.
Penderita bukan tidak boleh sama sekali untuk tidak mengkonsumsi makanan manis. Makanan manis boleh sebagai hidangan penutup aat jam makan, hindari makan makanan manis diluar jam makan atau sebagai cemilan. Pertimbangkan juga untuk mengurangi porsi hidangan utama jika ingin mengkonsumsi hidangan manis.
e.    Minum air putih.
Minum air putih dapat membantu ginjal mengeluarkan gula darah berlebih melalui urine

2.    Olahraga Secara Teratur dan Hindari Stress.
Olahraga yang teratur dapat membantu menurunkan gula darah dan membantu tubuh memanfaatkan gula yang ada dalam sel darah agar masuk ke sel-sel tubuh sehingga tubuh lebih efisien dalam menggunakan gula darah sehingga tidak menyebaban lonjakan gula darah. AHA merekomendasikan berolahraga 30 menit sehari dalam untuk 5 hari dalam seminggu. 
Olah raga yang baik untuk menurunkan gula darah misal jalan cepat, renang, bersepeda maupun aerobik.
Taukah sobat jika stress pikiran dapat meningkatkan gula darah? Ya, tentu bisa. Ketika stres tubuh akan menghasilkan lebih banyak hormon glukagon dan kortiol yang menyebabkan kadar gula darah naik.
3.    Menjalani Terapi Medis.
Menjaga pola makan dan mengubah gaya hidup menjadi pola hidup sehat adalah langkah awal untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Akan tetapi jika gula masih melonjak tinggi maka sobat harus mencoba mengontrol dengan tindakan medis. Konsultasikan masalah anda ke dokter, dokter akan memberikan resep obat yang membantu menurunkan gula darah. Jika penderita berhenti mengkonsumsi obat diabetes, kadar gula darah akan melonjak tnggi dan mengkibatkan komplikasi serius, termasuk kematian.

Lakukan tips hidup sehat ala SehaTerus.com dengan niat yang kuat dan konsisten sehingga kadar gula dalam darah akan berangsur-angsur turun ke kondisi normal dan tetap sehaterus :D

Artikel Terkait

This Is The Newest Post

Silahkan Sobat berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan isi artikel. Dimohon untuk:
1. Tidak berkomentar kasar/berbau SARA/porno.
2. Tidak membagikan link aktif dalam kolom komentar.

Selamat Berkomentar :D
EmoticonEmoticon